Menu

:

Secretary Table Manner

Dipos Oleh : Admin LP3M
Dibaca : 1.349 kali
28 Maret 2015 14:31:14

Siapkan Diri untuk Memasuki Dunia Kerja

    Mahasiswi Politeknik Unggul LP3M Medan  memasuki Hotel  Emerald Garden menuju Grand Ballroom hotel tersebut. Tampak jajaran meja dengan style dining table memenuhi ruangan tersebut. Mahasiswi Politeknik Unggul LP3M Medan mengikuti pelatihan Table Manner (Etika Makan)  yang khusus diikuti oleh program studi Sekretaris.  Didalam pelatihan tersebut, mereka didampingi oleh Pudir III Pulmed, Irfan Khaeir,SE, Kajur Sekretaris, Eka Kuswardani BBA, dan bag. Kemahasiswaan Dewi Chairani, Amd.
    Pelatihan tersebut dipandu oleh General Manager Emeral Garden, Jean Seah yang langsung memberikan  berbagai materi  mengenai table manner dan wawasan mengenai  makanan dan minuman serta berbagai peralatan makan dalam standard internasional.  Pelatihan tersebut dimulai dari pengenalan berbagai jenis peralatan makan seperti gelas, sendok, garpu, piring dan lainnya.  Berbagai jenis peralatan makan  dijelaskan, contohnya untuk gelas, ada berbagai jenis gelas dengan jenis minuman yang dipakai berbeda pula.
    Setelah mengenal berbagai jenis peralatan makan, selanjutnya Jean Seah menjelaskan tentang berbagai jenis pengetahuan makanan (food knowledge). Mulai dari Aperitif, yaitu makakan pembuka yang berfungsi untuk menambah selera makan, kemudian, Appetizer (makanan pembuka), Soup (sup), Palate Cleanser (pencuci mulut),  Main Course (Makanan Utama), Dessert (Makanan Penutup) dan Petit Four, sejenis makanan penutup seperti kopi atau  teh ditemani dengan kue-kue kering. Dilanjutkan dengan penjelasan mengenai sikap ketika di meja makan, cara memegang sendok, garpu atau pisau dan berbagai trik yang disampaikan agar tetap santai dan nyaman tetapi tidak meninggalkan etika makan.
    Pelatihan table manner adalah salah satu bentuk aplikasi yang diberikan kepada mahasiswa/i Politeknik Unggul LP3M Medan. Pembelajaran ini dilakukan agar mahasiswa/I mampu  bersosialisasi dengan baik didalam masyarakat dan lingkungan kerja. Pelatihan ini adalah bentuk pembelajaran yang membangun etika dan juga membuka wawasan mahasiswa agar ketika terjun dalam dunia kerja tidak hanya skill secara akademis, tetapi juga sudah terbentuk etika dan perilaku sehingga dapat menyesuaikan diri dalam lingkungan kerja yang ada. Kegiatan ini juga adalah wujud penyesuaian kurikulum yang di Politeknik Unggul LP3M Medan dalam menciptakan lulusan-lulusan yang siap memasuki dunia kerja. 
    Diakhir pelatihan, para peserta melakukan  hotel  visit yang dipandu oleh manajemen hotel setempat. “Di dalam pelatihan-pelatihan seperti ini, diharapkan para mahasiswa/I bisa memanfaatkan moment ini untuk bisa  menggali ilmu dan wawasan seluas-luasnya, karena  pada saat-saat seperti ini  semangat  untuk belajar  sangat penting agar mereka memiliki bekal cukup dalam memasuki dunia kerja,” papar Irfan Khaeir, SE, PUDIR III Politeknik Unggul LP3M dalam kata sambutannya pada pelatihan tersebut.