Wikitapad - ilmu, tutorial dan teknologi

Menu

  • Home
  • Berita
  • Politeknik Unggul LP3M Menjalin MoU dengan BPJS Ketanagakerjaan

Politeknik Unggul LP3M Menjalin MoU dengan BPJS Ketanagakerjaan

Dipos Oleh : Admin LP3M
Dibaca : 75 kali
17 Maret 2020 16:29:36

 

Politeknik Unggul LP3M Medan dan Aptisi Sumatera Utara bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan menandatangani nota kesepahaman kerjasama pada hari Jum’at, 13 Maret 2020 bertempat di Hotel PIA Pandan Sibolga. MoU Kerjasama tersebut bertujuan untuk peningkatan program pengabdian pada masyarakat dan program magang atau praktek kerja lapangan bagi para mahasiswa di Politeknik Unggul LP3M Medan dan bagi perguruan tinggi yang tergabung dalam Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) di Sumatera Utara.


Kegiatan rapat koordinasi dan Kerjasama antara Politeknik Unggul LP3M dan Aptisi bersama dengan BPJS K etenagakerjaan Sumatera yang diselenggarakan selama 3 hari dari tanggal 12 s.d 14 Maret 2020 tersebut, dihadiri oleh unsur pimpinan perguruan tinggi di LLDikti Wilayah Sumatera Utara, Pengurus Bapomi dan Artipena. Pada kesempatan tersebut direktur utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto mengatakan kegiatan sosialisasi dan kerjasama antara industri dan perguruan tinggi di Sumatera Utara memiliki arti penting dalam kinerja kedepan terkait sosialisasi sistem jaminan sosial keternagakerjaan di Indonesia, khususnya di Sumatera Utara. Menurutnya dengan terlibatnya Politeknik Unggul LP3M dan beberapa perguruan tinggi yang tergabung dalam Aptisi dalam program BPJS Ketenagakerjaan diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kajian ilmiah terkait kebijakan – kebijakan dan program yang dilakukan pemerintah. Beliau juga sangat berharap peserta rapat koordinasi tersebut dapat memberikan sosialisasi dan edukasi bagi masyarakat agar menyadari pentingnya proteksi di masa bekerja. Kesadaran inilah yang diharapkan bisa digapai melalui peran pengabdian masyarakat sebagai salah satu dari tridharma perguruan tinggi, sebagai perluasan cakupan keikutsertaan yang menjadi salah satu indikator kesejahteraan masyarakat.


Sementara itu Direktur Politeknik Unggul LP3M, Sujarwo, S.Si.,M.Kom menyambut baik atas kegiatan rapat koordinasi dan kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan. Menurutnya kegiatan penandatanganan MoU Kerjasama antara perguruan tinggi dan industri sangatlah sejalan dengan visi Politeknik Unggul LP3M yaitu mencetak lulusan yang terdepan dan terunggul dalam pendidikan vokasi dan profesi. Para mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan kegiatan magang/Praktek Kerja Lapangan di Seluruh BPJS Ketenegakerjaan di wilayah Sumatera Utara sebagai salah satu prasyarat untuk menyelesaikan studinya di Politeknik Unggul LP3M Medan.


Perihal yang disampaikan oleh Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan bahwa setiap intitusi wajib melindungi dan mengikutsertakan seluruh karyawannya pada jaminan sosial ketenagakerjaan, Politeknik Unggul LP3M Medan sudah melaksanakan 3 dari 4 program yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan sejak tahun 2010 bagi seluruh karyawan dan dosen. Program tersebut adalah Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Hari Tua (JHT). Dengan adanya Jaminan sosial ketengakerjaan ini diharapkan para karyawan dan dosen dapat berkerja dengan tenang dan dapat meningkatkan loyalitas dan produktifitas kerjanya karena ada jaminan kesejehataran yang diberikan oleh pihak institusi. (WD1)