Menu

:
  • Home
  • Artikel
  • Apple Perkenalkan Dua iPhone Baru: iPhone 6 & iPhone 6 Plus

Apple Perkenalkan Dua iPhone Baru: iPhone 6 & iPhone 6 Plus

Dipos Oleh : Admin LP3M
Dibaca : 732 kali
28 Maret 2015 12:12:53

Satu hal yang semakin berubah dari Apple adalah semakin mudahnya produk mereka bocor ke pasaran sebelum diumumkan. Saya tidak tahu pasti apakah ini disengaja atau memang mereka sudah tidak peduli lagi dengan yang namanya kejutan. Pengumuman hari ini oleh Apple juga lebih kepada peneguhan saja karena sesuai dengan bocoran yang telah banyak beredar Apple akhirnya merilis dua generasi iPhone baru yaitu iPhone 6 dan juga iPhone 6 Plus.

iPhone 6 memiliki ukuran layar sebesar 4,7 inch sedangkan iPhone 6 Plus memiliki ukuran layar 5,5 inch. Keduanya memiliki perbedaan fitur namun sebelumnya mari kita lihat spesifikasi yang dimiliki kedua iPhone 6 ini:

• Processor: Apple A8, Dual Core 1.4 GHz 64Bit
• Memory: 1GB*
• GPU: Belum dijelaskan namun memiliki 50% peningkatan performa dibanding generasi iPhone 5s.
• Camera: Belakang 8 MP, 3264 x 2448 pixels. Depan 2,1 MP
• Operating System: iOS 8
• Layar: Kaca kristal anti pecah*

*Belum ada konfirmasi resmi dari Apple

Lalu apa yang membedakan kedua iPhone ini? Sejauh yang saya ikuti melalui liveblog (karena live streaming nampaknya bermasalah) ada tiga hal utama yang berbeda.
Yang pertama adalah resolusi layar. iPhone 6 akan memiliki resolusi 750 x 1334 piksel dengan kerapatan 326 PPI (setara dengan iPhone 5S) sedangkan iPhone 6s akan memiliki resolusi 1080 x 1920 piksel (HD) dengan kerapatan 401 PPI, sesuatu yang sudah umum sebenarnya untuk smartphone kelas atas Android.
Namun saya tidak bisa memungkiri bahwa dengan desain dan material yang digunakan oleh iPhone, ketajaman layar ini akan semakin bersinar melebihi para kompetitornya.

Perbedaan kedua adalah teknologi image stabilization. Ketika kamu mengambil foto dan tangan kamu bergetar maka iPhone 6 akan mencoba untuk menangkap gambar yang jelas sehingga tidak blur, namun ini akan dilakukan secara digital lewat logaritma.
iPhone 6 Plus akan menggunakan Optical Image Stabilization yang lebih menggunakan pergerakan hardware untuk mengimbangi gambar yang blur, sehingga hasil gambar lebih jelas.

Yang terakhir adalah baterai yang lebih besar sehingga waktu standby lebih lama. Sebagai perbandingan untuk kegiatan menonton video, iPhone 5s dapat digunakan selama 10 jam, iPhone 6 dapat digunakan selama 11 jam, dan iPhone 6 Plus dapat digunakan selama 14 jam.

Saya tahu bahwa spesifikasi di atas mungkin tidak terlihat mewah dan bahkan smartphone Android dengan harga 3 juta sudah lebih cepat di atas kertas. Tapi begitulah Apple, angka-angka tidak pernah menjadi masalah, hal-hal seperti navigasi yang lancar dan game super berat bisa dikatakan dapat berjalan dengan lancar bahkan dengan RAM yang hanya sebesar 1GB. Untuk Apple, it just work.

Namun dibalik angka spesifikasi yang kecil ini terdapat inovasi yang lagi-lagi menetapkan standar baru dalam industri smartphone. 
Sebagai contoh sustained performance yang merupakan teknik terbaru Apple dalam menjaga performa tetap stabil seiring waktu dan tidak menghasilkan panas. Dalam hal kamera juga Apple masih mempertahankan 8MP (yang sebenarnya cukup untuk keperluan cetak sehari-hari, ingat MP tidak sama dengan kualitas gambar) namun mengganti sensor kamera dengan sensor yang lebih baik lagi sehingga dapat menghasilkan kualitas foto yang bagus.

Kamera depan juga ‘hanya’ menggunakan 1,2 MP namun sekarang dapat menerima 81% cahaya lebih banyak, ini berarti gambar akan semakin terang dan penuh dengan detail. Selain itu kamu juga dapat merekam video dalam gerakan lambat sampai 240 frame per detik, untuk ukuran smartphone ini adalah sesuatu yang cukup radikal.